Easy Going

Minggu, 28 April 2013

Aku Kata, Kata Aku



Aku Kata, Kata Aku
Aku....diciptakan oleh Sang Pencipta
Berawal dari ketidaksadaran dan ketidaktahuan
Kemanakah Ku harus melangkah...
Kehadiran mu dan diriku bukan suatu kebetulan...
Kita adalah pemeran dalam suatu sandiwara,..
Sandiwara kesedihan, tawa, sukacita, dan dendam
Jangan sia-siakan yang ada, kita bisa mengubahnya...
Bahkan mengubah alur ceritanya...itulah hidup




Aku Kata,
Aku adalah kata. Kata yang terwujud menjadi daging bernyawa. Awalnya pun aku adalah kata. Entah kata yang datang dari Sang Pencipta untuk menghadirkan aku dalam dunia ini. Entah kata yang datang dari kedua orang tua ku saat mereka memadu kasih. Entah kata yang datang dari dokter dan pekerja medis saat menarik aku keluar dan memaksa aku untuk menghirup nafas kehidupan. Entah kata dari siapa saja yang bertemu dengan diriku dan menjadikan diriku adalah kata yang hidup. Kata itu membuat aku menjadi hadir dan ada. Aku telah terkonsep lewat kata dan tak ada yang kebetulan - Kehadiran mu dan diriku bukan suatu kebetulan...
Kata Aku,
Aku pun berkata. Berkata untuk memberikan identitas. Berkata untuk mengkonsepkan siapa gelagat diriku. Berkata untuk membangun benteng argumentasi. Berkata untuk memukul lawan debatku.
Aku pun berkata. Dari perkataan ku lahirlah otoritas diriku. Otoritas untuk memimpin diri ku sendiri. Otoritas untuk menentukan diriku sebagai pemeran dalam sandiwara hidup ini.
Aku pun berkata. Bukan untuk menghafal dialog dalam sandiwara hidup. Bukan pula mengikuti alur yang ada. Kita adalah pemeran dalam suatu sandiwara,..

Aku pun berkata dengan maksud melawan naskah sandiwara hidup. Dengan maksud mencurigai kesedihan, tawa, sukacita dan dendam sebagai kenyataan yang terwujud dalam kata. Dengan maksud mempertanyakan darimana datangnya kata sedih, tawa, sukacita, dan dendam itu. Dengan maksud yang paling radikal yakni mengubah cerita pada alur hidup ini.

Aku Kata, Kata Aku
Melalui kata aku menjadi penguasa sekaligus pecundang....
sebab aku mengenal kedua kata itu.

0 comments:

Posting Komentar